Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Sejarah Mitsubishi Pajero

  • Oleh Teras.id
  • 31 Juli 2020 - 18:20 WIB

TEMPO.COJakarta - Banyak yang belum memahami perbedaan Mitsubishi Pajero dengan Pajero Sport. Bahkan, ada yang berkeyakinan Pajero Sport dan Mitsubishi Pajero sami mawon alias sama.

Mari kita lihat sejarah kelahiran dan sepak terjang Mitsubishi Pajero, model big SUV (sport utility vehicle). Berbeda dengan Pajero Sport yakni medium SUV yang saat ini masih diminati publik.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia membeberkan perbedaan mereka lewat siaran pers pada hari ini, Jumat, 31 Juli 2020.

Mitsubishi Pajero
Pada 1980-an Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menjadi kekuatan pendorong booming kendaraan rekreasi dengan model Pajero 4WD yang penuh fitur dan impresi berkendara sedan, minivan Mitsubishi Delica Star Wagon 4WD, dan pickup Mitsubishi Forte 4WD.

Dengan melihat pasar yang tumbuh MMC memperkenalkan sejumlah model canggih berbasis 4WD, termasuk pelopr segmen minivan Chariot tiga baris, dan Galant sedan full-time 4WD.

Generasi I (1982)
MMC tidak dapat mengekspor Jeep Mitsubishi ke pasar 4WD (4 wheel drive) berfitur lengkap karena perjanjian lisensi dengan “Willys” pada saat pesaing mereka memperluas pangsa pasar Di Jepang. Padahal permintaan untuk mobil 4WD akan tumbuh.

Lahirnya mobil penggerak 4WD berfitur lengkap, Mitsubishi Pajero (Montero, Shogun) yang padat dengan kekhasan Mitsubishi. Nama Mitsubishi Pajero diambil dari “Leopardus Pajeros” atau “Kucing Pampus” yang mendiami dataran tinggi Patagonia di ujung selatan Amerika Selatan.

Nama itu mencerminkan keinginan MMC untuk menghadirkan sebuah mobil dengan harmoni antara "liar" dan "Kecantikan."

Generasi II (1991)
Diluncurkan pada Januari 1991 setelah perubahan model penuh dalam sembilan tahun. Pajero generasi pertama telah menikmati kepopuleran yang luas baik di Jepang dan pasar lain sebagai kendaraan 4WD berfitur lengkap dengan performa di semua medan. Bahkan, Pajero mengintegrasikan fitur yang cocok untuk penggunaan perkotaan khas sebuah mobil penumpang.

Pajero ditawarkan dalam empat tipe bodi: atap logam, atap tengah, atap kick-up, dan J-top untuk mengakomodasi beragam kebutuhan pengguna. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 3.0L V6 dan 2.5L intercooled dieselturbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 kecepatan atau transmisi
otomatis 4 kecepatan.

Generasi III (1999)
Dalam perubahan model penuh, Pajero mengalami perubahan evolusi yang signifikan saat bermetamorfosis menjadi manifestasi generasi ketiga pada September 1999.

Perubahan besar termasuk penggantian konstruksi rangka dan bodi yang sebelumnya terpisah dengan konstruksi monocoque yang sangat kuat, di mana rangka merupakan bagian integral bagian dari cangkang bodi. Panjang keseluruhan, lebar dan jarak sumbu roda juga bertambah.

Penurunan berat yang dan peningkatan kekakuan menghasilkan kendali dan stabilitas yang sangat baik serta kenyamanan berkendara. 3.5L V6 GDI dan mesin diesel baru 3.2L Di-D diesel direct-injection ditambahkan kedalam lini, memberikan daya keluaran tinggi, menghasilkan torsi tinggi serta mengembalikan konsumsi bahan bakar yang sangat baik.

Generasi IV (2006)
Pada saat itu Mitsubishi Pajero terjual lebih dari 2,5 juta unit di lebih dari 170 negara. Pajero telah membangun reputasi yang kuat di antara para pelanggan sebagai SUV serba guna yang memberikan performa off-road dan berbagai medan dengan performa jelajah berkecepatan tinggi dan kenyamanan
sebuah sedan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru