Hasil Kualifikasi Formula 1 Britania: Hamilton Raih Pole, Bottas Kedua

  • Oleh Teras.id
  • 02 Agustus 2020 - 09:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Juara dunia enam kali Lewis Hamilton merebut pole position ketujuh kalinya di Sirkuit Silverstone, Inggris, setelah tampil tercepat di sesi kualifikasi Formula 1 Grand Prix Britania, Sabtu.

Hamilton, yang juga mengincar kemenangan ketujuhnya di Silverstone itu, sempat melakukan kesalahan yang langka di Q2 ketika ia kehilangan kendali mobilnya saat melewati Luffield.

Akibatnya para marshal harus membersihkan kerikil yang berserakan di atas trek yang membuat sesi itu tertunda sementara.

Mengoreksi kesalahannya itu, Hamilton memperbaiki waktunya untuk mengungguli catatan rekan satu timnya Valtteri Bottas.

Dengan waktu satu menit 24,303 detik, Hamilton meraih pole position ke-91 dalam kariernya, sedangkan Bottas akan start dari P2 setelah terpaut 0,313 detik, demikian laman resmi Formula 1. Itu juga merupakan pole position bagi Mercedes untuk kali kedelapan secara beruntun di Silverstone.

"Kualifikasi adalah soal membangun kepercayaan diri... dan aku sempat surut dan kewalahan melewati sektor pertama di setiap putaran," kata Hamilton.

"Aku tidak tahu bagaimana, tapi dengan mengambil nafas dalam aku mampu mengendalikan diriku. Q3 mulai dan bukan lap pertama yang sempurna tapi putaran yang cukup bersih, dan yang kedua bahkan lebih baik.'

Duet Mercedes itu relatif lebih cepat di Silverstone hari ini ketimbang rival-rivalnya, di saat Max Verstappen yang mengamankan P3 terpaut 1,022 detik dari pemuncak sesi.

Rekan satu timnya, Alexander Albon mengawali akhir pekan yang sulit setelah Red Bull menemui masalah kelistrikan di power unit mereka, sehingga memaksa sang pembalap asal Thailand itu melewatkan sebagian besar sesi latihan terakhir sebelum kualifikasi.

Tim Red Bull juga berhasil membangun kembali mobil Albon yang rusak setelah kecelakaan di FP2 dalam semalam sehingga ia mampu turun 15 jelang akhir sesi untuk finis P13.

Berita Terbaru