Katingan akan Bangun Rumah Sakit Pratama di Tumbang Samba

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Agustus 2020 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan berencana membangun rumah sakit pratama di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Menurut Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang, Minggu, 2 Agustus 2020 jika pihaknya pada Sabtu 1 Agustus 2020 telah melakukan peninjauan lokasi yang bakal dibangun rumah sakit pratama di Tumbang Samba tepatnya kawasan kilometer 2 arah Tumbang Samba menuju Km 30 arah Sampit, Kotawaringin Timur.

Sunardi mengatakan Tumbang Samba sebagai ibukota Kecamatan Katingan Tengah dinilai strategis untuk dilakukan pembangunan rumah sakit ini.

Di wilayah ini sudah ada Jembatan Tumbang Samba sebagai akses kelancaran transportasi darat terutama warga wilayah Itara atau hulu Katingan.

Selain itu warga bagian hulu yang hendak berobat tidak lagi harus ke Kasongan yang jaraknya jauh. Karena di Tumbang Samba sudah dilengkapi rumah sakit.

"Kemudian adanya angka penghuni di Tumbang Samba saat ini cukup besar, sehingga diperlukan rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal," katanya.

Jika rencana ini jadi, maka rumah sakit itu bakal menjadi rujukan pasien dari kecamatan di wilayah Utara, seperti Kecamatan Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai dan Bukit Raya.

Bahkan, kata Sunardi Litang tidak menutup kemungkinan juga dari wilayah Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas.

Untuk lokasi rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama ini juga strategis berada tidak jauh dari Jembatan Tumbang Samba.

Dengan adanya rencana itu Wabup Sunardi Litang menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan agar memaksimalkan persiapan untuk pembangunannya dan di antaranya AMDAL, pengadaan listrik, jaringan air PDAM, ruang pelayanan serta lainnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru