Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK: Fase Survival Ekonomi Sudah Terlewati, Sekarang Masuk Fase Recovery

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Agustus 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Wimboh Santoso mengatakan, fase survival ekonomi terhadap dampak Covid-19 telah dapat dilalui dengan baik.

"Bulan Juli lalu kredit sudah mulai meningkat dibandingkan di bulan Juni. Bulan Juni kita perkirakan adalah fase terendah. Dengan asumsi penempatan dana pemerintah yang ditempatkan di Bank Himbara akan tersalurkan dengan baik, yang mana hingga 27 Juli 2020 sudah tersalurkan Rp49,65 Triliun atau 165,5% dari alokasi dana pemerintah," kata Wimboh dalam rilisnya, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Saat ini, lanjut Wimboh, Indonesia telah memasuki fase recovery. Terkait itu, OJK bersama industri jasa keuangan siap untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk melengkapi kebijakan relaksasi restrukturisasi dan penilaian kualitas kredit/pembiayaan bagi perbankan dan perusahaan pembiayaan, berbagai stimulus lanjutan juga OJK terbitkan antara lain penundaan penerapan Basel III reform terkait pelonggaran pemenuhan indikator likuiditas dan indikator permodalan," tuturnya.

Selain itu, katanya, reformasi di sektor jasa keuangan tetap dilakukan terutama di sektor pasar modal dan IKNB untuk memitigasi potensi risiko sekaligus untuk mengantisipasi berbagai peluang dan tantangan ke depan.

"OJK senantiasa melakukan koordinasi yang erat dengan Pemerintah, Bank Indonesia maupun LPS serta industri keuangan maupun asosiasi pelaku usaha di sektor riil untuk memastikan kelancaran implementasi stimulus. Kami siap mengambil berbagai kebijakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas serta meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru