Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi, Tambak Ikan Jadi Mata Pencaharian Baru bagi Warga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Agustus 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini membuat perekonomian mengalami penurunan drastis. Sehingga sejumlah warga memilih untuk mencari usaha atau pekerjaan sampingan baru untuk membantu ekonomi mereka.

Salah satu yang diminati saat ini adalah tambak ikan. Sejumlah warga, memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong mereka untuk membuat tambak ikan. Harapannya, bisa membantu perekonomian meraka.

Seperti yang dilakukan Ahamad Dailami. Ia memanfaatkan pekarangan belakang rumahnya untuk membuat kolam ikan patin. Pekerjaan baru tersebut dilakukannya dalam 3 bulan terakhir.

"Saya membuat kolam ikan ini baru 3 bulan lalu. Dengan harapan bisa mendapatkan hasil nantinya," ujar Dailami, Senin, 10 Agustus 2020.

Ia mencoba usaha tambak ikan tersebut atas ajakan temannya, yang sudah menggeluti bisnis tersebut. Dan hasilnya cukup membantu perekonomian keluarga. Sehingga, untuk menambah pendapatan ditengah pandemi ini, dirinyapun mencoba menjalankan pelihara ikan tersebut.

"Kalau untung tidaknya, tentu kami pengennya untung. Namun yang pasti saya mencoba dulu. Dengan harapan upaya ini menjadi hasil positif bagi saya," kata Dailami.

Ia membuat tambak ikan tersebut dengan ukuran 3 meter x 6 meter. Dengan jumlah bibit yang ditabur sebanyak 1.000 ekor. Saat ini tambak tersebut sudah berjalan selama 3 bulan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru