Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Ambil 129 Sampel Serum dan Darah Sapi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Agustus 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petugas Kesehatan Hewan dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui bidang peternakan telah mengambil 129 sampel berupa serum, dan darah sapi milik peternak, di tiga kecamatan.

Hal itu diungkapkan Kasi Kesehatan Hewan Distan Kapuas, drh Anik Ariswandani bahwa itu dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan hewan sapi yang diternak oleh warga.

"Kegiatan pengambilan sampel serum, dan darah sapi sudah dilakukan di tiga kecamatan, yakni Basarang, Kapuas Murung, dan Mantangai dengan total 129 sampel, dengan rincian 94 untuk sampel serum, dan 35 sampel darah," kata Anik Ariswandani, Senin, 10 Agustus 2020.

Ia menyebutkan, penyakit bisa diketahui dari sampel tersebut, diantaranya jembrana pada sapi bali, penyakit brucellosis dengan gejala sapi keguguran atau abortus, gangguan reproduksi, dan lainnya.

"Untuk sampel tersebut sudah kami kirimkan ke Balai Veteriner Banjarbaru. Dan nanti hasilnya akan diketahui," tuturnya.


Hasilnya nanti, jika sudah keluar, akan pihaknya tindaklanjuti, dengan mendatangi lokasi ternak sapi yang hasil sampelnya positif.

"Kalau ada yang positif berarti ada pengobatan, dan penangan lanjutan di lokasi yang positif," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru