Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Kahayan Hilir Tunjukkan Bukti Lahan Percontohan Diolah Tanpa Bakar

  • Oleh James Donny
  • 10 Agustus 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Polsek Kahayan Hilir menunjukkan bukti bahwa di Kecamatan Kahayan Hilir ada lahan milik warga yang berhasil diolah tanpa harus dibakar, Senin, 10 Agustus 2020.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo mengatakan bahwa lahan tersebut memiliki luasan 3 hektar. "Hari ini kita meninjau untuk melihat lahan percontohan milik saudara Bambang Budi Hartoni dengan cara pembukaan lahan tanpa bakar atau PLTB," ujar Widodo. Lahan tersebut berada di jalan WAD Duha Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir. 

Bambang Budi Hartoni alias Jadak si pengelola lahan menyampaikan kepada Kapolsek dan jajaran mengenai pembukaan lahan yang dia lakukan tanpa bakar tersebut. 

"Saat peninjauan, pemilik lahan menjelaskan bahwa lahan yang digarap luasannya mencapai 3 hektar yang ditanami tanaman  palawija berupa singkong, kacang, pisang, tebu, cabai, terong, dan tanaman Buah," ujar Kapolsek. 

Pada lahan tersebut Jadak juga beternak sapi dan kambing.

Jadak mengatakan bahwa lahan yang digarap adalah lahan yang dipinjamnya dari pemilik lahan yang berdomisili di Banjarmasin. "Pak Jadak ini membuka lahan sudah 1 tahun lebih dari tanggal 25 Maret 2019 sampai sekarang," terang Kapolsek. 

Saat membuka lahan awalnya lahan tersebut berupa hutan semak yang dibuka dengan menebang pohon serta semak belukar menggunakan chainsaw, kapak, dan parang.

Kemudian lahan tersebut dibiarkan sampai kering, setelah itu sisa pohon dan semak yang sudah kering dikumpulkan menjadi satu.

"Setelah itu tanah tersebut dibuat jalur-jalur kemudian ditanami tanaman palawija dan buah- buahan," kata Kapolsek. 

Hasil panen tanaman tersebut juga diantaranya sudah dijual ke pasar Pulang Pisau dan ada juga warga yang langsung datang ke lokasi kebun tamanan Jadak untuk mendapatkan hasil yang dipanen tersebut. "Dari hasil pertanian itu saudara Jadak mengaku cukup untuk membantu ekonomi rumah tangganya," ungkap Widodo. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru