Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eksistensi Kebudayaan Lokal Harus Jadi Perhatian

  • Oleh Naco
  • 13 Agustus 2020 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Parimus menegaskan, eksistensi dari kebudayaan lokal harus menjadi perhatian. Parimus sendiri menyebut sangat perhatian dengan hal tersebut. 

Bahklan, dia kerap turun ke lapangan menghadiri berbagai kegiatan acara tradisi lokal untuk memberikan dukungan secara moril agar budaya dan adat istiadat tidak ditinggalkan begitu saja.

“Saya sebagai  putra daerah ini yang mana dibesarkan melalui lingkungan adat isitadat dan budaya lokal  dengan segala kearifannya, sangat menghargai eksitensi budaya kita. Saya melihat selama ini budaya kita cenderung terabaikan. Mulai ditinggalkan generasi-generasi muda. Ini kondisi yang membuat saya prihatin," kata Parimus, Kamis, 13 Agustus 2020.

Menurutnya, mempertahankan serta menumbuhkembangkan kembali  semangat untuk pelestarian budaya ini tidaklah mudah. 

Perlu komitmen bersama supaya keberadaan akan adat istiadat serta budaya lokal tidak tergerus.

Parimus mencontohkan, salah satu daerah yang punya semangat dan komitmen kuat untuk mempertahankan budaya itu salah satunya ada di Bali. 

Di sana, masih mampu mempertahankan budaya dan kearifan lokal meskipun di sana menjadi daerah kunjungan utama para turis dari berbagai Negara. 

Menurutnya, orang luar tertarik datang ke suatu wilayah sebenarnya untuk melihat dan mengkaji lebih jauh mengenai budaya adan adat istiadat. 

“Kita harus bangga jadi orang Dayak. Jangan justru sebaliknya meninggalkan identitas diri hanya karena mengikuti zaman. Ini pesan saya kepada generasi milenial supaya tidak meninggalkan budaya dan adat istiadat dari nenek moyangnya," tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru