Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babinsa Rutin Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutla di Wilayah Arut Utara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Agustus 2020 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Koramil 1014 - 04 Arut Utara melalui Babinsa rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi stop Karhutla kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Koptu Heriansyah dan dua rekannya bersama Bhabinkamtibmas serta Masyarakat Peduli Api melaksanakan patroli Karhutla di Kelurahan Pangkut dan Desa Sukarame, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa 18 Agustus 2020.

Koptu Heriansyah menyampaikan seperti diketahui bersama bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Aruta adalah desa yang rawan terjadi Karhutla, maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah agar menjaga api apabila sedang membakar sampah, hal ini supaya tidak terjadi kebakaran. Selain itu juga jangan buang puntung rokok sembarangan," ujarnya.

Dia menambahkan patroli Karhutla rutin dilaksanakan untuk memantau bila ada titik api agar lebih dini terdeteksi, guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Bila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan di sengaja membakar lahan atau hutan, segera laporkan kepada aparat di desa baik itu kepada kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti,” tegasnya.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama menjaga wilayah dari Karhutla agar Aruta dan Kobar pada umumnya tetap aman dari Karhutla. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru