Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bubur Asyura Jadi Santapan Yang Ditunggu Masyarakat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Agustus 2020 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski 10 Muharram masih beberapa hari lagi, warga Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sudah bergotong royong membuat bubur asyura.

Pembuatan bubur asyura tersebut ternyata sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Itu karena menjadi santapan yang sangat jarang ditemui, dan terkadang hanya 1 tahun sekali ada.

"Memang bubur asyura ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat dan kami membuat secara swadaya," ujar Rusmini Bayu, salah seorang panitia pembuatan bubur tersebut, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Bubur tersebut dibuat oleh ibu-ibu di kelurahan tersebut. Mereka membuat bubur asyura dengan campuran 41 macam sayuran dan kacang-kacangan. Bahkan beras yang digunakanpun mencapai 30 kilogram.

"Cukup banyak campurannya, dan ini sudah tradisi dan memang menjadi menu yang wajib bagi pembuatan bubur asyura," kata Rusmini.

Sayuran yang dicampuran di antara jagung, daun sop, daging ayam, telur, dan beberapa bahan lainnya. Pembuatannya sendiri memakan waktu beberapa jam. Sedangkan pembagiannya hanya sebentar saja.

Hal itu dikarenakan memang sangat ditunggu oleh masyarakat. Sehingga, jika sudah selesai dimasak, warga akan menyerbu untuk menerima pembagian bubur tersebut.

Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat bubur tersebut sendiri, merupakan swadaya dan sumbangan dari masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus kami laksanakan setiap bulan Muharram," harap Rusmini. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru