Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur Harapkan Petani Gabung Kelompok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Agustus 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas  Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi berharap petani di Desa Harara, Kecamatan Dusun Timur bergabung dalam kelompok tani atau membentuk kelompok tani.

Harapan ini disampaikan Riza Rahmadi saat meninjau lahan jagung milik petani di desa tersebut, Selasa 25 Agustus 2020.

"Kita mendorong petani-petani kita yang bekerja sendiri agar bergabung dalam kelompok tani terdekat agar memudahkan dinas pertanian memberikan penyuluhan atau pembinaan maupun menyalurkan bantuan," jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa bantuan dari pemerintah melalui dinas pertanian seperti sarana produksi pertanian dan alat mesin pertanian selalu disalurkan pada kelompok tani bukan kepada petani perorangan.

Pada kesempatan itu, Riza juga berpesan agar petani tidak mudah putus asa ketika mengalami kendala dalam pengembangan budidaya pertanian melainkan terus mempelajari cara bertani yang baik hingga berhasil.

Sementara itu, Fungsional Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian, Pranky yang turut mendampingi Kepala Dinas Pertanian menambahkan, dengan tergabungnya petani pada kelompok tani akan memudahkan penyuluh melakukan kunjungan lapangan, membuat pertemuan kelompok hingga kelas belajar bersama.

"Kelompok tani juga menjadi tempat untuk bergotong-royong membangun kelompok dan memperjuangkan kesejahteraan bersama," kata Pranky.

Selain itu, lanjutnya, dengan berkelompok petani akan lebih mudah mencari solusi atas setiap permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan pertanian.

"Jadi intinya dalam kelompok petani bisa saling berbagi ilmu pertanian dan saling membantu agar usaha semua anggota kelompok dapat berhasil dengan baik," pungkasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru