Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas Petakan Wilayah Rawan Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Agustus 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas terus mempersiapkan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama memasuki musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan pihaknya selalu siap dalam upaya melakukan pencegahan terhadap potensi terjadinya Karhutla di daerah setempat.

Salah satunya dengan memetakan wilayah rawan terjadinya Karhutla. Pihaknya mencatat, ada tiga kecamatan masuk wilayah potensi rawan karhutla. Yaitu Kecamatan Mantangai, Kecamatan Kapuas Murung dan Kecamatan Dadahup.

"Untuk itulah, pemantauan terus dilakukan dengan cara memantau titik panas atau hotspot yang diterima dari satelit," kata Panahatan Sinaga, Kamis, 27 Agustus 2020.

Lebih lanjut, ia mengatakan hasil yang diketahui dalam kurun waktu beberapa hari ini tingkat titik panas atau hotspot yang diterima tim termasuk dalam kategori lumayan tinggi.

"Oleh itu, setiap hotspot tersebut selalu disikapi dengan dilakukannya pengecekan ke lapangan," tuturnya.

Menunjang hal tersebut, Panahatan Sinaga mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Kapuas telah menyiapkan alat armada meliputi mobil tangki, tosa dan mobil slip on yang mana semua itu dilengkapi dengan alat pemadam langsung.

"Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar dapat mencermati, mewaspadai, menyiapkan diri dan menjaga daerahnya masing-masing dikarenakan kondisi sekarang masih menghadapi musim kemarau dan nantinya juga akan menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi pada bulan Desember," tuturnya.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa untuk pencegahan awal BPBD Kapuas juga sudah menyampaikan himbauan-himbauan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas melalui seluruh camat, kepala desa dan Perusahaan Besar Swasta (PBS) melalui surat Bupati Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru