Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Belarus Menahan 20 Jurnalis dan Menyita Telepon

  • Oleh Teras.id
  • 28 Agustus 2020 - 09:15 WIB

TEMPO.CO, Minsk – Polisi Belarus menahan sekitar 20 orang jurnalis yang bersiap meliput demonstrasi di Minsk pusat pada Kamis, 27 Agustus 2020. Polisi menyita telepon genggam dan dokumen identitas para jurnalis.

“Kementerian Dalam Negeri Belarus mengatakan para jurnalis dibawa ke kantor polisi untuk pengecekan akreditasi terkait kerja mereka sebagai jurnalis,” begitu dilansir Reuters pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Kementerian mengatakan semua jurnalis yang memiliki akreditasi resmi akan dibebaskan. Pemerintah membantah para jurnalis itu ditahan.

Aksi demonstrasi besar-besaran merebak di Ibu Kota Minsk sejak pemilu Presiden pada 9 Agustus yang dimenangi inkumben Presiden Alexander Lukashenko.

Oposisi dan pengamat mengatakan pemilu berlangsung dengan penuh kecurangan untuk kemenangan Lukashenko, yang telah bekuasa selama 26 tahun dan dikenal otoriter.

Tokoh oposisi Svetlana Tikhanouskaya menolak kemenangan Lukashenko dan menyebut dirinya yang menang dan mendapat dukungan publik. Dia melarikan diri ke Lithuania sejak dua pekan lalu karena merasa keamanan diri dan keluarganya terancam. Dia meminta Uni Eropa menghukum pemerintah Belarus karena diduga menggelar pemilu penuh kecurangan. 

TERAS.ID

Berita Terbaru