Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahkamah Agung Israel Minta Permukiman Ilegal di Tepi Barat Dibongkar

  • Oleh Teras.id
  • 28 Agustus 2020 - 13:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mahkamah Agung Israel pada Kamis kemarin meminta sejumlah rumah di permukiman Yahudi Mitzpe Kramim, Tepi Barat dibongkar. Alasannya, rumah-rumah tersebut dibangun di atas tanah yang masuk dalam kawasan Palestina, bukan Israel.

Dalam putusannya, Mahkamah Agung menyatakan bahwa Israel tidak menyadari bahwa tanah tempat Mitzpe Kramim dibangun berada di Palestina. Sayangnya, kata Mahkamah Aging Israel, tidak ada niatan baik dari Israel untuk memperbaiki atau bahkan menghindari kesalahan tersebut.

"Kesalahan legal tersebut bisa menjadi valid apabila memang dilakukan dengan niatan baik...Mereka mengacuhkan berbagai peringatan yang diberikan selama bertahun-tahun," ujar putusan Mahkamah Agung Israel, dikutip dari Reuters, Jumat, 28 Agustus 2020.

Mahkamah Agung Israel memberi waktu 3 tahun kepada penghuni Mitzpe Kramim untuk mencari hunian baru. Walau dirasa berat untuk penduduk Mitzpe Kramim, Mahkamah Agung Israel merasa keputusan tersebut harus diambil.

Mitzpe Kramim dibangun kurang lebih 20 tahun lalu, di atas dataran tinggi yang menghadap Lembah Yordan. Kurang lebih ada 40 keluarga yang tinggal di sana yang mengklaim diizinkan Pemerintah Israel untuk mendirikan hunian.


Berbagai negara sudah mempermasalahkan pendirian Mitzpe Kramim di Tepi Barat, Palestina itu. Menurut mereka, permukiman itu ilegal walaupun berdiri di atas lahan yang diambil alih Israel pada Perang Timur Tengah 1967. Namun, Israel bergeming, menghalangi rencana Palestina menjadikan Tepi Barat sebagai bagian dari wilayahnya.

Beberapa waktu lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sempat berencana untuk mencaplok Tepi Barat. Belakangan, rencana itu ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena menjadi bagian dari kesepakatan normalisasi Israel - Uni Emirat Arab.

ISTMAN MP | REUTERS / TERAS.ID

Berita Terbaru