Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

Ilmuwan Perkirakan Ukuran Hiu Raksasa Megalodon 16 Meter

• Oleh Teras.id
  • 04 September 2020 - 20:50 WIB

TEMPO.COJakarta Hiu raksasa megalodon adalah salah satu makhluk laut paling menakutkan yang pernah hidup dan para peneliti akhirnya tahu betapa besarnya hewan ini.

Peneliti dari University of Bristol dan Swansea University memperkirakan panjang total predator ini sekitar 52 kaki (16 meter), tingginya 20 kaki (6,1 meter), dengan sirip punggung seukuran manusia dewasa.

Para ahli paleontologi mengaku sulit mengukur ukuran ikan raksasa yang punah karena hewan itu tidak memiliki tulang, sehingga mereka harus memperkirakan ukuran tubuh berdasarkan fosil gigi, yang lebih besar dari tangan manusia, dan lima spesies modern.

Jack Cooper, yang telah menyelesaikan gelar master sains di bidang paleobiologi di Fakultas Ilmu Bumi University of Bristol, menggambarkan studi tersebut sebagai proyek impian.

"Saya selalu tergila-gila pada hiu. Sebagai seorang sarjana, saya telah bekerja dan menyelam dengan hiu putih besar di Afrika Selatan dengan dilindungi oleh sangkar baja tentunya," ujar dia, seperti dikutip Daily Mail, Kamis, 3 September 2020.

Para peneliti menggunakan metode matematika dan perbandingan dengan kerabat yang masih hidup untuk menemukan ukuran keseluruhan megalodon. Raksasa samudera ini hidup sekitar 23 juta hingga tiga juta tahun yang lalu dan telah tampil dalam film-film Hollywood, berjudul The Meg.

Dalam studi yang dipublikasikan di Scientific Reports, para akademisi memperkirakan ukuran tubuhnya hingga 16 meter (52 kaki). Hiu dengan ukuran ini kemungkinan besar memiliki kepala bulat sepanjang 15 kaki (4,5 meter), sirip punggung 5 kaki (1,5 meter) dan ekor setinggi 12,6 kaki (3,9 meter).

Cooper menceritakan pengalamannya dekat dengan hiu. Menurutnya, perasaan bahaya masih ada, tapi hiu juga merupakan hewan yang cantik dan beradaptasi dengan baik, yang membuat mereka sangat menarik untuk dipelajari. "Megalodon sebenarnya adalah hewan yang menginspirasi saya untuk menekuni paleontologi di usia enam tahun," kata dia.

Namun, Cooper menambahkan, untuk mempelajari seluruh hewan itu sulit, mengingat yang dia miliki hanyalah banyak gigi yang terisolasi. Sebelumnya fosil hiu hanya dibandingkan dengan hiu putih besar, tapi analisis terakhir diperluas hingga mencakup lima hiu modern.

Para peneliti pertama kali menguji apakah hewan modern mengubah proporsi saat mereka tumbuh, tapi ternyata tidak demikian. "Ini berarti kita bisa mengambil kurva pertumbuhan dari lima bentuk hiu modern dan memproyeksikan bentuk keseluruhan saat mereka semakin besar hingga panjang tubuh 16 meter," tutur Cooper. (TERAS.ID)