Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Katingan Meluas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 September 2020 - 22:15 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir di Kabupaten Katingan akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba meluas, Selasa, 8 September 2020.

Selain di Kecamatan Katingan Hulu, banjir juga terjadi di Kecamatan Marikit, Sanaman Mantikei, dan Kecamatan Katingan Tengah.

Belakangan banjir juga melanda wilayah Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Katingan Hilir.

Di wilayah Kecamatan Pulau Malan misalnya, selain puluhan rumah kebanjiran, fasilitas umum seperti jalan desa dan gedung sekolah juga terdampak banjir.

Camat Pulau Malan, Hariawan mengatakan, di wilayahnya ada 10 desa yang terdampak banjir ini. Yakni Desa Tura, Dahian Tunggal, Geragu, Tumbang Tungku, Manduing Taheta, Tumbang Lawang, Tewang Darayu, Manduing Lama dan Desa Tewang Papari.

Di Desa Tura misalnya, rumah penduduk yang terdampak banjir sebanyak 30 buah, kantor desa pun ikut terendam.

Sementara Desa Dahian Tunggal air sudah memasuki jalan tetutama di pinggir Sungai Katingan. Desa Geragu mulai tadi malam 12 rumah dan jalan desa terendam. 

Berikutnya, Desa Tumbang Tungku sebagian rumah penduduk dan jalan desa terendam. Lainnya Desa Manduing Taheta jalan desa dan sebagian rumah warga sudah masuk air. 

Desa Tumbang Lawang rumah warga, jalan desa dan halaman fasilitas umum atau kantor desa atau Balai KB dan 7 bangunan Balai Hindu atau Gereja terendam. Desa Tewang Darayu jalan desa dan sebagian rumah warga terendam. 

Desa Buntut Bali beberapa rumah warga dan jalan desa juga terendam. Desa Manduing Lama Gedung SD, PAUD dan perumahan warga sebanyak 4 rumah dan jalan desa terendam. Feri penyebrangan tidak berfungsi. 

Terakhir Desa Tewang Papari, sebagian besar halaman rumah warga dan jalan desa mulai terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan. Dari informasi dan pantauan, banjir juga mulai terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Hilir dan Tasik Payawan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru