Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tokoh Masyarakat Desa Karang Taba Lamandau Ini Sebut Banyak Dampak Positif atas Kehadiran PT SML

  • Oleh Tim Borneonews
  • 09 September 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Seorang tokoh masyarakat Desa Karang Taba, Kabupaten Lamandau, Triyanto menyebutkan bahwa banyak sekali dampak positif atas kehadiran PT SML yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit sejauh ini.

"Keberadaan PT SML ini manfaat dan faedahnya bagi masyarakat kami sangat rasakan, dengan membantu dan mengangkat perekonomian warga Desa Karang Taba di antaranya bidang lapangan kerja," kata Triyanto, Rabu, 9 September 2020.

Menurut dia manfaat positif yang dirasakan warga atas keberadaan PT SML sangat banyak, mulai dari lapangan kerja, program-program seperti plasma atau kerjasama dengan warga, hingga bantuan-bantuan yang disalurkan.

"Mengenai masalah plasma yang dibentuk PT SML untuk petani plasma di Desa Karang Taba dan lainnya sangat bermanfaat bagi kami, terutama berupa kas desa yang 10 Hektare beserta plasma 2 hektare per KK, dan 1 kapling per KK," sebutnya.

Pihaknya berterima kasih kepada PT SML pada program yang dikucurkan selama ini terhadap desa yang bersangkutan di area perizinannya.

"Program-program PT SML lainnya kepada kami berupa bantuan-bantuan yang disalurkan berupa beras, sembako dan lainnya. Juga saat banjir kemarin banyak sekali bantuan PT SML ke desa," ucapnya.

Selain itu, keberadaan PT SML di Lamandau dinilai membantu dalam perekonomian, yang mana ia menceritakan dulunya pihaknya mempunyai kebun karet, tetapi kesulitan dalam menjualnya.

"Kami sebagai petani sawit yang mempunyai lahan 1 hektar atau setengah hektar dulu kami pusing. Tapi sekarang setelah PT SML ini buka kami gembira sekali kami tidak perlu pusing menjual hasil petani sawit kami walaupun luasannya hanya setengah hektar saja," jelasnya.

"Tidak perlu bingung karena sekarang untuk menerima buah sawit pembeli langsung ke masyarakat," lanjut dia.

Dengan adanya perusahaan tersebut pihaknya pun menyambut baik, bahkan saat ini sudah mendirikan suatu pabrik pengolahan sawit yang sangat terbantu untuk itu.

Berita Terbaru