Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Lamandau Kian Meluas, Ratusan Warga Mengungsi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 September 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Lamandau sejak seminggu terakhir tidak hanya terjadi di wilayah hulu. Berdasarkan, pantauan Senin 14 September 2020 hari ini luapan air dari sungai-sungai besar telah meluap ke berbagai wilayah termasuk Nanga Bulik.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau, ribuan warga yang tersebar di 26 desa pada 7 kecamatan terdampak banjir.

"Update hari ini, tercatat sudah ada 1.429 KK atau 3.406 jiwa terdampak banjir. Selain itu, tercatat 34 fasilitas umum dan 3 fasilitas sosial juga terkena banjir cukup parah," kata Kepala Pelaksana BPBD Lamandau, Edison Dewel.

Edison menambahkan, dari jumlah tersebut sebanyak 306 jiwa dari 91 KK terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman lantaran rumahnya terendam banjir parah. 

"Posko-posko pengungsian telah dibangun sejak beberapa hari lalu dan warga yang tempat tinggalnya terendam banjir sudah menempatinya," ujar dia. 

Terkait fasilitas di pengungsian, BPBD secara rutin menyuplai berbagai kebutuhan dasar seperti makanan ke setiap pos pengungsian, agar nantinya warga yang mengungsi dapat memasaknya di lokasi tersebut.

"Untuk kondisi terkini, Tinggi Muka Air (TMA) di Dermaga Batu Bisa pagi ini berada pada level 762 Cm atau naik 7 Cm dari minggu sore kemarin, untuk itu kita imbau masyarakat tetap waspada, dan segera mengungsi apabila masih bertahan di rumah yang terendam banjir," jelas Edison.

Edison juga memastikan pemkab melalui BPBD telah menyalurkan 500 paket sembako kepada warga terdampak banjir. 

"Kendala yang dihadapi oleh tim di lapangan kondisi jalan yang terendam banjir parah, sehingga menyulitkan proses penyaluran bantuan, namun demikian kita tetap berusaha maksimal agar logistik yang dibutuhkan warga terdampak banjir segera disalurkan,"ucapnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru