Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Melanda Wilayah Hulu Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 September 2020 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Banjir melanda wilayah hulu Kabupaten Kapuas, tepatnya di beberapa desa qwilayah Kecamatan Mandau Talawang. Banjir tersebut terjadi setelah hujan dengan intentitas yang tinggi turun. DAS Kapuas tidak mampu menampung hingga air membanjiri perumahan warga. Peristiwa awal terjadi pada 13 September 2020 lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga menyampaikan dari data yang dihimpun Pusdalops PB, lokasi banjir terjadi di Desa Tanjung Rendan, Desa Sei Pinang dan Desa Jakatan Masaha, Kecamatan Mandau Talawang.

"Total rumah terendam di tiga desa itu diperkirakan mencapai 495 unit, dan warga terdampak ada 557 Kepala Keluarga," kata Panahatan Sinaga, Rabu, 16 September 2020.

Lebih lanjut, Sinaga menuturkan, update terkini dari laporan yang diterima, tinggi muka air bervariasi mulai dari setengah meter sampai dengan 2 meter. "Kondisi air mengalami penurunan dan berangsur surut," tuturnya.

Sedangkan untuk upaya yang dilakukan BPBD Kapuas yakni berkoordinasi dengan perangkat desa, camat dan pihak terkait lainya. 

"Bersama Dinsos dan Camat Mandau Talawang melakukan Rapat koordinansi penangan banjir serta menetapkan status tanggap darurat banjir di Kabupaten Kapuas terhitung mulai dari tanggal 15 sampai 28 September 2020," tuturnya.

Selain itu, pihaknya bersama Dinsos Kabupaten Kapuas telah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak banjir, dan diberangkatkan tadi malam. 

"Bantuan yang disalurkan berupa bahan kebutuhan pokok, langsung dikirimkan tadi malam menggunakan tiga unit truk," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru