Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KIP akan Tingkatkan Kesadaran Publik Mencari Informasi di Badan Publik

  • Oleh ANTARA
  • 17 September 2020 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Hendra J. Kede mengatakan KI Pusat akan meningkatkan kesadaran publik untuk mencari informasi di badan publik yang berhubungan dengan kepentingannya masing-masing.

Upaya itu dimasukkan dalam salah satu mata anggaran kegiatan KI Pusat pada Tahun Anggaran 2021 nanti.

"Jadi itu yang sedang kami usahakan di Komisi Informasi. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, bagaimana masyarakat Indonesia ini sadar informasi, sadar untuk mencari informasi ketika dia menghadapi dinamika hidupnya sendiri," kata Hendra dalam rapat dengar pendapat Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu.

Hendra mengatakan ada temuan di kalangan masyarakat sipil, bahwa badan publik sudah cukup agresif menyiapkan informasi publik yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, justru masyarakat banyak yang belum tahu kalau dia berhak mendapatkan informasi publik untuk meningkatkan kapasitasnya.


Misalnya, informasi terkait teknologi penggembalaan sapi yang efektif dan efisien.

Hendra bercerita tentang pengalamannya mengunjungi salah satu Pusat Pengembangan Sapi di Jawa Timur bersama Kementerian Pertanian.

Ternyata, Pusat Pengembangan Sapi di Jawa Timur itu menerapkan pola pengembangan sapi komunal. Sehingga, dua tenaga kerja saja sudah cukup menggembala 150 ekor sapi.

"Kalau informasi itu diketahui publik, maka publik akan sejahtera sekali," kata Hendra.

Hendra teringat kenangan masa kecilnya di Wonogiri. Pernah, suatu waktu, keluarganya sangat kerepotan saat menggembala dua ekor sapi saja.

"Itu dua ekor sapi saja merepotkan satu keluarga, pak. Bapak yang mengarit, ibu yang menyerahkan hasil arit nya, saya yang harus gembala setiap pulang sekolah," kata Hendra.

Berita Terbaru