Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Budidaya Perikanan di Kecamatan Tamban Catur Terus Digali

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Oktober 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Potensi dan prospek usaha budidaya perikanan di wilayah Kecamatan Tamban Catur terus digali, untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Penyuluh perikanan wilayah Kecamatan Tamban Catur, Juli Astuti Dalimunthe. Dia menyebut minat masyarakat dari tahun ke tahun dalam usaha budidaya ikan bertambah.

"Karena itulah potensi-potensi yang ada tersebut terus digali, dan didukung oleh Dinas Perikanan setempat," kata Juli Astuti, Kamis 1 Oktober 2020.

Seperti dukungan itu pada awal September lalu, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melalui Kasi Sarana dan Prasarana Pembudidaya Ikan telah menyerahkan bantuan paket berupa benih ikan Patin dan pakan ikan yang disalurkan untuk Kelompok Karya Membangun dan Mekar Sejahtera.

Bantuan ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas dan KKP melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Kalimantan Selatan. Jumlahnya 15.000 benih ikan Patin dan 3.500 Kg pakan ikan.

Kegiatan penyaluran bantuan ini juga merupakan rutinitas tahunan BPBAT Mandiangin ke seluruh wilayah kerjanya.

Kepala Dinas Perikanan Darmawan menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan budidaya ikan pada Kecamatan Tamban Catur seraya menuturkan bantuan yang diberikan itu dalam rangka peningkatan produksi perikanan oleh masyarakat sekitar di masa pandemi Covid-19.

“Harapannya dengan bantuan itu dapat mendorong perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan usaha dari sektor perikanan,” harapnya.

Di samping bantuan berupa benih ikan dan pakan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas juga memberi bantuan berupa mesin pembuat pakan beserta bahan bakunya yang termasuk kedalam program Gerakan Pakan Mandiri (GERPARI). (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru