Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Viral Foto WNA Cina Berseragam di Bandara Soekarno-Hatta, Imigrasi Sebut Pekerja Tambang

  • Oleh Teras.id
  • 03 Oktober 2020 - 15:50 WIB

TEMPO.COTangerang - Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto menjelaskan foto yang beredar luas bergambar warga negara asing atau WNA asal Cina berseragam seperti tentara di Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka adalah para pekerja tambang. "Bukan tentara," ujarnya saat dihubungi Tempo, Sabtu 3 Oktober 2020.

Pernyataan Romi ini menanggapi viral foto warga Cina berseragam seperti tentara di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

Foto yang diunggah di Twitter oleh akun @emak berisik yang menggambarkan puluhan warga Cina menggunakan pakaian serba coklat, ikat kepala dan tas ransel ini beredar luas di media sosial. "APA KOMENTAR MRNTERI PERTAHANAN, PANGLIMA TNI, PARA ANGGOTA DPR RI BAHKAN PRESIDEN Tentang fenomena kedatangan besar2an tentara berseragam ini di Bandara Soekarno-Hatta," cuit @emakberisik.

Romi mengatakan foto yang viral tersebut merupakan keberangkatan WNA China (bukan kedatangan) yang menggunakan pakaian pekerja pabrik atau tambang, bukan seragam tentara. "Dari seragamnya adalah wearpack 2 piece tampaknya pekerja pabrik."

Hanya saja Romi tidak menjelaskan secara detail dari mana dan bekerja dimana puluhan warga Cina itu. Dia juga tidak menyebutkan kapan jadwal keberangkatan warga Cina di Bandara Soekarno-Hatta itu.

Hal ini, kata Romi, telah dikonfirmasi ke pengelola Bandara Soekarno-Hatta bahwa mereka adalah penumpang biasa yang hendak terbang ke luar negeri. "Jadi berita tersebut (tentara Cina) bisa dikatakan hoaks."

TERAS.ID

Berita Terbaru