Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Budparpora Barito Utara Kembangkan Tiga Objek Wisata Unggulan

  • Oleh Ramadani
  • 06 Oktober 2020 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara  melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) terus mengembangkan tiga objek wisata unggulan di antara 52 destinasi wisata yang tersebar di sembilan kecamatan di kabupaten setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Budparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati, Selasa 6 Oktober 2020  mengatakan, tiga objek wisata di daerah ini menjadi objek wisata andalan yang telah menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ke tiga objek wisata unggulan Barito Utara ini yaitu DAM Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan serta Air Terjun Jantur Doyan di Kecamatan Lahei Barat di Km 18 jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu,” jelasnya.

Menurut Hj Annisa, pembangunan kepariwisataan sebagaimana pembangunan di sektor lainnya, dan pada hakekatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, swasta serta masyarakat yang ada, dengan segenap peran dan fungsinya masing-masing.

"Sektor pariwisata di daerah ini diharapkan dapat mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mampu menggerakkan roda perekonomian di segala lapisan masyarakat dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah. Namun, dalam upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri.

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat tersebut, pemerintah secara sistematik dan terus menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan.

"Kepariwisataan ini menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara untuk lima tahun ke depan. Untuk itu, mari kita bersama-sama memajukan objek wisata kita. Diharapkan dengan kerja sama yang baik, seluruh cita-cita untuk membangun daerah khusus di sektor pariwisata akan tercapai, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun daerah kita ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru