Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Covid-19 Minta Pemda Antisipasi Klaster Pengungsian Banjir

  • Oleh Teras.id
  • 07 Oktober 2020 - 09:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim hujan yang diprediksi akan berlangsung selama enam bulan. Hal ini berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir.

Satgas Covid-19 mengingatkan pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi banjir sejak dini dan menyiapkan tempat pengungsian yang layak bagi warga.

"Banyaknya pengungsi di lokasi pengungsian, berpotensi besar menjadi sebuah klaster baru apabila tidak diantisipasi sejak sekarang," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 6 Oktober 2020.

Pemda diharapkan lebih pro aktif untuk memetakan dan merencanakan dengan baik terkait penyediaan kelayakan fasilitas pengungsian sebagai langkah antisipatif.

"Langkah promotif dan preventif dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang diwujudkan dengan protokol kesehatan merupakan hal utama yang harus dilakukan setiap individu. Langkah ini tentu lebih baik dari langkah kuratif," ujar Wiku.

Wiku mengulangi, tidak ada lagi langkah yang paling tepat mencegah timbulnya klaster baru selain kedisiplinan para pengungsi untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kebersihan lokasi pengungsian juga harus tetap dijaga sehingga dapat melindungi para pengungsi dari penyakit lainnya.

TERAS.ID

Berita Terbaru