Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mekanisasi Pertanian dari Food Estatehingga Kedaulatan Pangan

  • Oleh ANTARA
  • 10 Oktober 2020 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Mekanisasi pertanian pernah mengantarkan Indonesia sebagai negeri yang berdaulat penuh atas pangan. Namun, seiring berjalannya waktu mekanisasi pertanian di Tanah Air berjalan lambat sementara teknologi seakan berlari sekencang angin.

Maka pertanian di Indonesia meski telah sebagian di antaranya diperkuat dengan mekanika bukan semata tangan para petani, banyak terjebak dalam stigma tradisional.

Padahal, ledakan penduduk yang semakin tinggi semakin berbahaya jika tak diiringi upaya menjadikan kebutuhan pangan dalam negeri lebih berdaulat.

Di sisi lain pengelolaan pangan yang baik akan menjadi kunci bagi setiap bangsa menghadapi ancaman krisis pangan, termasuk akibat pandemi COVID-19 sebagaimana prediksi FAO (2020) dan World Food Programme (2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam banyak kesempatan selalu mengingatkan prediksi FAO yang memperkirakan dampak pandemi virus corona dapat menyebabkan krisis pangan dunia. Karena itu, peringatan tersebut perlu direspon untuk memastikan ketersediaan pangan.


Indonesia, setidaknya telah mempersiapkan diri dengan pembangunan lumbung pangan atau “food estate” di dua tempat sebagai upaya mendorong terwujudnya kedaulatan pangan.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi penggunaan drone untuk pemupukan di lokasi “food estate” sebagai bentuk penerapan mekanisasi pertanian di lahan seluas ribuan hektare.

Upaya untuk mendorong terwujudnya lumbung pangan dengan lebih efisien diantaranya dengan menerapkan mekanisasi pertanian sebagai pendukung.
 

Penggunaan drone

Presiden Joko Widodo mengapresiasi penerapan mekanisasi pertanian pada lokasi yang digunakan sebagai lumbung pangan.

“Seperti yang kita lihat di sini tadi misalnya untuk pemupukan kita pakai drone, membajak sawah kita memakai traktor apung,” kata Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja meninjau “Food Estate” Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, belum lama ini.

Berita Terbaru