Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Dermaga Pasar Lama Buntok Memprihatinkan

  • Oleh Uriutu
  • 16 Oktober 2020 - 14:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kondisi Dermaga Pelabuhan Pasar Lama Buntok memprihatinkan. Baik tangga serta tempat tunggu penumpang miring seperti mau tenggelam, dan terkesan tidak ada  perbaikan.

Padahal, dermaga pasar lama tersebut digunakan masyarakat yang hendak bepergian menggunakan transportasi sungai. Bahkan, kapal-kapal besar seperti tongkang dan pengangkut barang juga kerap berlabuh.

Kepala Dinas Perhubungan Barsel, Daud Danda mengatakan, dermaga pasar lama berstatus aset milik Provinsi Kalimantan Tengah.

Terkait itu, dia sudah menghubungi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalteng agar dermaga tersebut dapat dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Barsel.

"Saya berusaha maksimal, kalau bisa dihibahkan kepada Pemkab Barsel agar menjadi tanggungjawab kita (penanganannya)," kata Daud Danda, Jumat, 16 Oktober 2020.

Menurutnya, BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalteng pada prinsipnya mendukung permintaan tersebut. Dalam waktu dekat ini dermaga Pasar Lama dan Pendang akan dihibahkan ke Barsel.

"Bila nanti sudah dihibahkan ke kita, pada tahun 2021 saya mau mengajukan anggaran untuk memperbaiki dermaga tersebut," beber dia.

Namun, apabila tidak ada dana dari APBD Barsel yang disebabkan pergeseran anggaran untuk penanganan covid-19, maka akan mencoba mengajukan ke APBD Provinsi Kalteng.

Ia berharap, semua dermaga yang ada di Barsel agar bisa diperbaiki dan menata kembali dermaga yang rusak. Supaya dapat dinikmati masyarakat dengan nyaman dan aman saat menggunakannya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru