Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KKM MIN 5 Kapuas Beri Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Oktober 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 5 Kapuas menggelar pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran bagi para guru di wilayahnya, bertempat di Aula Kemenag Kapuas pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Pelatihan itu diberikan menghadapi kondisi masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan pembelajaran di madrasah tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya.

Agar siswa mendapat pelayanan pendidikan dan pembelajaran dengan baik, siswa terpaksa belajar dari rumah secara daring dan luring yang di bimbing oleh guru dan orangtua siswa. Untuk itu perlu kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

“Guru kita latih selama dua hari,mulai hari ini, agar nantinya bisa menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai kondisi Covid-19 saat ini," kata Ketua KKM MIN 5 Kapuas, Ahmad Yani.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas, H Sajarwan, dalam sambutannya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.


Ia mengatakan seorang pendidik, guru pastinya sudah sangat ahli dalam membuat rencana pelaksanaan perangkat pembelajaran.

Guru pasti sudah mengenal dokumen yang berisi  gambaran umum kurikulum sekolah, serta dokumen-dokumen, seperti yang berisi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),  rencana pelaksanaan pembelajaran.

Tetapi, lanjut dia guru perlu menambah unsur-unsur penting berupa penguatan-penguatan dalam RPP. Misalnya, karakter dan pembelajaran abad 21 untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Diharapkan guru mampu menambahkan unsur-unsur penting berupa penguatan-penguatan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Misalnya karakter pembelajaran di abad 21 mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman," ucap Sajarwan. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru