Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Sosialisasikan Pencegahan Sunting Lewat Karungut

  • 20 Oktober 2020 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas resmi melaunching inovasi konvergensi percepatan penanggulangan stunting "Marka Beranting" yang merupakan kepanjangan dari Karungut Berantas Sunting di lantai 1 kantor bupati setempat, 20 Oktober 2020.

Launching karungut tersebut dilakukan Sekretaris daerah Gunung Mas, Yansi Terson didampingi kepala Dinas Kesehatan,  Dr Maria Efianti dan kepala Bappedalitbang, Yantrio Aulia.

Dalam sambutannya, Yansi Terson mengatakan stunting merupakan salah satu istilah asing yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas. 

"Mekar Beranting ini nantinya akan difamilyarkan lewat karungut sebagai salah satu cara untuk mensosialisasikan aksi konvergensi kepada lapisan masyarakat yang ada di desa maupun di kota," katanya. 

Dia menuturkan bahwa inovasi ini terkait tentang penanganan stunting. Sebab, tahun 2020 Kabupaten Gunung Mas ditetapkan sebagai salah satu lokus penanganan stunting, karena angka stunting cukup besar yakni di atas 38 persen. 

Dengan adanya lagu Karungut Marka Sunting ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memahami berbagai hal terkait stunting agar kedepan masyarakat mengetahui bahaya stunting serta cara penanggulangannya.

Dia menambahkan pemerintah daerah sangat bersyukur dan berbangga karena telah ditunjuk sebagai perwakilan Kalimantan Tengah dalam workshop yang akan dilaksanakan di Denpasar, Bali pada bulan November mendatang. 

"Kita sudah menyiapkan video dokumenter yang diminta oleh tim dari pemerintah pusat dan sudah dikonsultasikan dengan pihak provinsi terkait karya inovasi stunting dan juga sudah dikirim ke tim pemerintah pusat," tandasnya. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru