Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

70 Kelompok Perhutanan Sosial Diberdayakan di Pulang Pisau untuk Ketahanan Pangan

  • Oleh James Donny
  • 22 Oktober 2020 - 23:31 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau Wartony menyebut ada 70 kelompok perhutanan sosial yang diberdayakan untuk program ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan Wartony saat membuka rapat koordinasi keberlanjutan perhutanan sosial dan pengesahan rencana kerja hutan desa, Kamis 22 Oktober 2020.

Program perhutanan sosial ini untuk pengembangan pangan agroforestri yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup.

Dalam pengembangan pangan nasional terangnya fokus pemerintah tidak hanya pada beras saja, tapi juga pada pangan lain seperti singkong, jagung, dan sebagainya.

"Yang menjadi bukti bahwa fokus pemerintah tidak hanya untuk kawasan yang ada pertaniannya saja tapi juga kepada masyarakat yang ada di kawasan hutan," katanya.

Menurutnya pengembangan pangan agroforestri ini karena banyak masyarakat Pulang Pisau yang masih bergantung dengan hasil hutan.

Program Perhutanan Sosial dari Dirjen Perhutanan Sosial ini sangat membantu masyarakat dalam bidang perhutanan yang juga bisa mengembangkan tanaman hutan tetapi bisa sambil bertani, beternak, bahkan memelihara ikan pada kawasan tanaman hutan.

"Untuk pengembangan pangan agroforestri perhutanan sosial di daerah kita diberikan untuk 70 kelompok tani," katanya.

Setiap kelompok tani akan menerima bantuan 200 juta dan ada Rp 14 miliar yang disalurkan pemerintah untuk program ini. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru