Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Irawati Serap Aspirasi Petani Rotan di Desa Batuah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Oktober 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Irawati, calon wakil bupati Kotawaringin Timur (Kotim), sambangi para petani rotan yang ada di Desa Batuah, Kecamatan Seranau, untuk menyerap aspirasi dari mereka.

"Saya bersama tim menemui para petani rotan di desa tersebut. Guna mengetahui keinginan warga sana terhadap perkembagan pertanian rotan," ujar Irawati, yang maju bersama Halikinnor pada Pilkada Kotim 2020.

Berbagai keinginan masyarakat petani rotan sendiri ditampungnya. Salah satu yang paling diinginkan oleh petani rotan adalah harga yang normal dan bisa meningkatkan perekonomian mereka.

"Banyak warga minta peran pemerintah dalam peningkatan harga rotan. Karena saat ini masih belum normal, bahkan cendrung rendah," kata Irawati.

Hal tersebut sendiri menjadi perhatian dirinya. Dan kedepan akan berupaya untuk memanfaatkan sejumlah cara, agar bisa memperhatikan harag rotan di Kotim ini. Sehingga, bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian warga.

"Memang sulit untuk meningkatkan harga jual rotan di Kotim ini. Namun dengan usaha yang keras nantinya, ia bersama Halikinnor secara bertahap mewujudkan kehendak para petani tersebut.

Ia juga mengaku bahwa apa yang dilakukan oleh petani rotan ini tidaklah mudah. Karena, untuk bisa dijual, pengolahan secara manual harus dilewati terlebih dahulu. 

Karena selain melakukan panen di kebun rotan, nantinya rotan juga akan dibersihkan kembali, agar tidak ada duri. Dan rata-rata dilakukan oleh kalangan perempuan. Sehingga, sebagai seorang wanita Irawati paham betul bagaiman perasaan para petani perempuan itu. 

"Itulah kenapa saya menemui mereka. Karena saya ingin apa yang dilakukan petani perempuan itu sebanding dengan uang yang dihasilkan mereka," terang Irawati. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru