Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Raja Seberang Gelar Lomba Rumah Sehat untuk Cipatakan Hunian Asri

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 November 2020 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih nan asri, Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar lomba gerakan rumah sehat (Germas).

Lurah Raja Seberang, Guntur Setiawan mengatakan lomba Germas diinisiasi oleh Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Lomba ini merupakan ide kreatif dari ibu - ibu sebagai pemicu agar rumah warga menjadi asri dan sehat," ujarnya, Jumat, 6 November 2020.

Melalui lomba ini diharapkan mengubah kesan masyarakat luar yang menganggap pemukiman di wilayah bantaean Sungai Arut ini kumuh.

Jad poin penilaiannya adalah kebersihan, keasrian, keindahan kenyamanan dan rumah tersebut memiliki ventilasi udara.

Terkait keasrian dan keindahan bukan hanya dengan adanya tanaman bunga hias yang sedang trend saat ini, tapi ada juga tanaman toga atau obat - obatan keluarga.

"Lomba ini akan berlangsung selama 2 bulan, yaitu sejak 1 November 2020 - akhir Desember 2020. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat terbiasa menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya, sebab disinyalir kalau lomba hanya 1 Minggu saja, setelah lomba maka masyarakat tidak lagi semangat menjaga lingkungannya," ungkapnya.

Guntur menambahkan peserta lomba tidak perlu mendaftar rumah-rumah yang memenuhi kriteria rumah sehat secara otomatis akan menjadi peserta dan dinilai oleh juri. Peserta lomba ada dua kategori yaitu per rumah dan perRT.

"Selain itu mengingat bahwa saat ini di masa pandemi Covid-19, maka keberadaan tempat cuci tangan di rumah menjadi penilaian juga oleh dewan juri," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru