Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terapkan Progam Integrasi Sawit dan Sapi

  • Oleh Naco
  • 08 November 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong agar program integrasi antara sawit dan sapi di Kotim hendaknya diterapkan untuk menuju swasembada daging yang digaungkan sejak lama itu.

"Kita sudah mencanangkan bahwasannya Kotim menuju swasembada daging. Maka dari itu kami mendorong agar ada terintegrasi dengan kelapa sawit di Kotim," katanya, Minggu, 8 November 2020.

Menurutnya jika melihat dari indikator kelapa sawit di Kotim maka sangat memungkinkan program itu terlaksana. Sayangnya, potensi terintegrasi ini jarang dimanfaatkan secara maksimal. 

Dia mengatakan perkebunan sawit mempunyai potensi besar dalam penyediaan pakan murah dan mudah berupa pelepah daun dan dahan kelapa sawit, limbah bungkil sawit dan solid yang dapat didayagunakan menjadi pakan ternak berkualitas.

Menurutnya juga selain dalam meningkatkan kebutuhan konsumsi masyarakat, sapi potong ini juga bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan antar daerah atau pulau. 

Integrasi pengelolaan perkebunan sawit dengan peternakan sapi dinilai bisa menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan pasokan pakan berkualitas.

"Selama ini sapi selalu didatangkan dari luar daerah dari Madura, Bali dan Jawa. Seharunya jika peluang itu digarap secara serius saya meyakini kita bisa mandiri. Paling tidak untuk menutup kebutuhan daging lokal," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru