Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Tol Tanah Bumbu-Banjarbaru Ditargetkan Beroperasi Awal 2021

  • Oleh ANTARA
  • 10 November 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Tanah Bumbu  - Jalan bebas hambatan yang menghubungkan Kabupaten Tanah Bumbu-Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sepanjang 150 km dioperasikan awal 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Daus di Batulicin Selasa mengatakan, saat ini masih  tahap pengerjaan jembatan tepatnya di KM 58 dari kota Batulicin dengan bentang sekitar 70 meter dan diperkikaran akan rampung akhir 2020.

"Kalau jembatan tersebut sudah rampung Insha Allah, akses jalan tersebut dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat," ujarnya.

Proyek pembangunan jalan tol sepanjang 150 km dan jembatan penghubung menggunakan dana APBD Provinsi Kalimantan Selatan, namun peran pemerintah daerah adalah sebagai monitoring dan pendukung akses jalan lain menunju jalan tol tersebut.

Guna mendukung program tersebut, pemerintah Tanah Bumbu juga menggelontorkan dana melalui APBD sebesar Rp50-70 miliar/tahun untuk perbaikan jalan, termasuk akses jalan dari kota kabupaten menuju jalon tol.


Sebenarnya jarak tempuh Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kota Banjarmasin dan sekitarnya kalau ditempuh melewati jalan trans Kalimantan kisaran 250 km, namun kalau jalan tol dapat dioprasikan maka pengguna jalan akan lebih cepat 100 km.

Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin merupakan jalur alternatif transportasi terutama angkutan barang.

"Pembangunan tol ini juga merupakan bagian dari pengembangan kawasan industri Batulicin. Tol ini akan menghemat waktu tempuh dari lima jam menjadi dua jam dibandingkan jalan protokol," ujar Daus.

ANTARA

Berita Terbaru