Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun Turut Andil Prison Art Show Perdana di Kalteng

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 November 2020 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tunjukkan hasil seni dan bakat warga binaannya, Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun turut andil memeriahkan dan berkontribusi dalam kegiatan Prison Art Show (PAS) yang pertama kali diadakan di Kalimantan Tengah.

Kepala Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Muhktar bersama warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berprestasi telah mengikuti PAS Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang digelar di Lapas Khusus Narkotika Kasongan, Selasa 17 November 2020.

"Dalam kegiatan ini kami menampilkan beberapa hasil karya seni terbaik WBP berupa kerajinan tangan. Salah satunya ada lukisan bakar yang merupakan karya terbaik warga binaan. Bahkan karya lukis bakar ini juga pernah mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden yang kala itu masih dijabat Yusuf Kalla," katanya, Rabu 18 November 2020.

Mukhtar menjelaskan Prison Art Show adalah serangkain kegiatan yang menampilkan bakat serta memamerkan dan mempromosikan seni atau kerajinan hasil dari pembinaan dan pembimbingan yang dilakukan lembaga pemasyarakatan.

Event PAS yang merupakan baru pertama kali di Kalteng ini dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sudjonggo, Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan, Basan Baran, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Heni Yuwono, Bupati Katingan Sakariyas, Kepala Kantor Wilayah Ilham Djaya, dan Kepala UPT Pemasyarakatan seluruh Kalteng.

Dalam kesempatan ini Ilham Djaya menyampaikan jika kunci kegiatan ini negara tidak boleh membuat WBP lebih jelek dari sebelum masuk Lapas maupun Rutan. Pihaknya dituntut untuk memberikan pembinaan kepada WBP.

"Hasil daripada pembinaan WBP adalah mereka dibekali berbagai macam keterampilan yang karyanya kita suguhkan dalam kegiatan Kalteng Prison Art Show pada pagi hari ini," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Sesditjenpas Sudjonggo mengapresiasi kegiatan Prison Art Show yang pertama kali diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Dengan karya seni ini diharapkan bisa memberikan kesempatan narapidana untuk berkarya positif.

Selain itu diharapkan penampilan warnarupa di PAS ini bisa memotivasi dan memberikan mereka tempat berkarya yang bisa diapresiasi oleh masyarakat, sehingga kelak bisa menjadi modal mereka saat bebas kembali ke tengah masyarakat.

"Mudah - mudahan dengan diadakan kegiatan seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan serta menambah semangat kepada petugas dan WBP untuk menggali potensi yang ada dalam meningkatkan keterampilannya," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru