Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Bongkar Praktik Ilegal BBM

  • Oleh Naco
  • 22 November 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Umum BPP Laskar Nusantara (Lanusa), Budi Hariyanto meminta agar praktik ilegal bahan bakar minyak (BBM) dibongkar. Pasalnya, praktik semacam ini sudah lama terjadi, bahkan ada jaringan yang bekerjasama dengan pemain minyak kelas atas.

Menurutnya, dari sekian banyak praktik yang dilakukan hanya sebagian kecil saja yang terungkap, praktik itupun dilakukan dengan berbagai modus.

"Tidak sulit sebenarnya membongkar praktik ini, apalagi jika semua pihak mau bekerja sama," kata pria yang membawahi koordinator wilayah Kalimantan ini, Minggu,22 November 2020.

Permainan itu, kata dia ada yang dilakukan dengan cara penimbunan solar subsidi dari SPBU. Lalu dijual dengan harga industri. Kemudianm mafia BBM juga bermain dengan cara membeli solar di sejumlah kapal atau yang biasa disebut minyak kencing di sungai, setelah terkumpul dengan jumlah besar secara ilegal solar itu dijual dengan harga industri juga.

"Selaku kontrol sosial saya berharap praktik ini dibongkar," kata Budi.

Agar hal semacam ini tidak merugikan negara, selain itu solar yang dijual harus benar-benar berasal dari Pertamina bukan dari kegiatan secara ilegal tersebut.

Budi juga mendukung jika ada agen atau pengusaha minyak di Kotim ditindak secara tegas jika terbukti ikut bermain dalam kegiatan semacam itu. (NACO/B-11)

Berita Terbaru