Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Punya Banyak Event Unggulan Untuk Memikat Wisatawan

  • Oleh Hendri
  • 23 November 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah (Kalteng) Guntur Talajan mengatakan, provinsi setempat, memiliki berbagai event unggulan yang mempunyai pesona untuk memikat para wisatawan.

Adapun sejumlah event itu antara lain, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung, Festival Tanjung Puting, Mandi Safar, termasuk event wisata internasional yang bertajuk Wonderful Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

“Semua event ini memiliki  daya tarik dan mampu mengangkat eksistensi seni budaya dan kearifan lokal. Beberapa event sudah masuk pada agenda kementerian kepariwisataan, sehingga secara menjadi bagian dari event berskala internasional,” kata Guntur, Senin 23 November 2020.

Untuk event seperti FBIM penyelenggaraannya yang ke-26 terakhir dilaksanakan pada tahun 2019. Semestinya di tahun 2020 ini dilaksanakan FBIM yang ke-27 namun karena pandemi Covid-19 event ini  terpaksa tidak dilaksanakan.

Selain berbagai festival, ada salah satu event  khusus yang juga masuk pada kalender kementerian kepariwisataan, yakni upacara ritual kematian atau upacara tiwah suku Dayak.


“Nah ritual Tiwah ini juga diakui secara nasional bahkan internasional, yang diharapkan dapat meningkatkan sektor kepariwisataan di Kalteng secara umum,"tutupnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru