Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pendidikan Barito Timur Tegaskan Belum Diizinkan Sekolah Tatap Muka

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 November 2020 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Arsepto Halin menegaskan belum ada izin untuk menyelenggarakan sekolah tatap muka hingga akhir tahun 2020.

"Tetap menggunakan surat edaran bupati yang lama tentang larangan sekolah tatap muka karena semua kecamatan sudah zona merah covid-19," jelasnya di Tamiang Layang, Senin, 23 November 2020.

Arsepto justru meminta agar seluruh satuan pendidikan dari tingkat PAUD hingga SMP memperketat pembelajaran luar jaringan atau luring.

"Jadi pertemuan murid yang antar tugas ke sekolah harus lebih ketat. Tugas diantar tapi tidak boleh lagi bertemu langsung, tidak boleh ada kontak karena saat ini penularan yang berkembang adalah klaster keluarga," kata Arsepto.

Menurutnya, hampir 70 persen dari kasus positif covid-19 adalah orang tanpa gejala atau OTG. Karena itu, dia tidak ingin klaster keluarga berkembang menjadi klaster pendidikan.

"Kalau sampai ada guru yang tertular, dia bisa menjadi pusat penularan karena ditemui oleh murid-muridnya," papar Arsepto.

Ketika dimintai penjelasan terkait adanya sekolah di Kecamatan Karusen Janang beberapa waktu lalu yang mencoba membuka kegiatan belajar tatap muka, Arsepto mengakui hal tersebut dan telah menyampaikan teguran kepada pihak-pihak terkait.

"Kami sudah mengingatkan bahwa tidak ada izin untuk membuka kegiatan belajar tatap muka. Jangan sampai dengan alasan hal tersebut merupakan hak asasi lalu kita mengabaikan hak asasi orang lain untuk aman dari penularan covid-19," tegasnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru