Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kobar Gelar Simulasi Sispam KPU dan Bawaslu

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 November 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka melatih kesiapan personel untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar simulasi sistem pengamanan (Sispam) KPU dan Bawaslu di halaman Kantor KPU Kobar, Jumat, 27 November 2020.

Simulasi Sispam dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Kapolres Kobar, Dandim 1014 Pangkalan Bun, Danlanud Iskandar, unsur forkopimda dan stakeholder terkait serta perwakilan partai politik.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah menyampaikan, simulasi sispam bertujuan untuk kesiapan personel dalam menghadapi kejadian buruk di Pilkada, 9 Desember 2020 mendatang.

"Simulasi ini bertujuan mengenai kesiapan kita menghadapi kejadian buruk, Insyaallah Kobar tetap aman. Artinya, kita selalu siap menghadapi kemungkinan dengan melibatkan stakeholder beserta elemen masyarakat," kata Devy.

Pantuan di lapangan, ada beberapa adegan yang diperagakan personel Polres Kobar. Mulai dari pendaftaran pasangan calon (paslon), kampanye sampai ke pemungutan suara. Pada adegan penghitungan suara, mulai terlihat keributan massa, hingga dilakukan pengamanan kotak suara oleh petugas.

"Disimulasikan seolah-olah ada gangguan-gangguan dari mulai yang tingkatannya rendah hingga tinggi, dari mulai datangnya masa, penyerangan, kemudian sampai ditemukan sebuah gangguan yaitu ditemukan sebuah tas yang diduga isinya barang berbahaya. Kemudian petugas mampu mengamankan situasi," ungkapnya.

Jelang pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari, Kapolres berpesan kepada masyarakat agar sama-sama berpikir objektif dan harus bijak menggunakan media sosial.

"Untuk masyarakat harus sama-sama bijak dalam menggunakan media sosial, apalagi ini tahun Pilkada. Kritis boleh, tapi harus ada nilai kesantunan yang perlu kita junjung tinggi," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru