Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Israel Mengaku Tidak Tahu Dalang Pembunuhan Ilmuwan Iran

  • Oleh Teras.id
  • 29 November 2020 - 17:20 WIB

TEMPO.CO - Pemerintah Iran menuduh Israel di balik pembunuhan ilmuwan nuklirnya, Mohsen Fakhrizadeh. Menteri Kerjasama Regional Israel Tzachi Hanegbi membantah dan mengatakan tidak tahu siapa yang berada di belakang peristiwa ini. 

“Saya tidak tahu siapa yang melakukannya. Bukan karena bibir saya tertutup karena saya bertanggung jawab, saya benar-benar tidak tahu," kata Hanegbi yang juga orang kepercayaan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu seperti dikutip dari Reuters, Ahad, 29 November 2020.

Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan Iran yang dicurigai oleh Barat mendalangi program bom nuklir, tewas kemarin. Ia disergap dan ditembak di dalam mobilnya di jalan raya dekat Teheran.

Pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh ini dinilai akan memprovokasi konfrontasi baru antara Iran dan musuh-musuhnya, termasuk Israel.

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Israel yang membunuh ilmuwan mereka itu. Ia mengancam akan membalas dendam atas peristiwa ini. Laporan surat kabar The New York Times juga menyebut bahwa Israel berada di balik serangan itu. Mereka mengutip tiga pejabat intelijen yang tidak disebutkan namanya.

Di sisi lain, Iran dan Hizbullah disebut-sebut menargetkan orang Israel dan Yahudi di seluruh dunia. Tempat-tempat yang dimiliki Isael dan Yahudi dijadikan target utama pembalasan menyusul dugaan serangan Israel. 

Pemerintah Israel dikabarkan mengetatkan pengamanan kedutaan besarnya di seluruh dunia. Namun Kementerian Luar Negeri Israel enggan mengkonfirmasi hal ini.

REUTERS / TERAS.ID

https://www.reuters.com/article/uk-iran-nuclear-scientist-israel/israeli-minister-says-has-no-clue-who-killed-iranian-nuclear-scientist-idUKKBN2880M0

Berita Terbaru