Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Kapuas Diberikan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Kelembagaan Food Estate

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Desember 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah kelompok tani serta penyuluh dari Kecamatan Bataguh diberikan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas dan kelembagaan petani food estate Kalteng di Kuala Kapuas, Rabu 2 Desember 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pertanian ini sebagai penyiapan-penyiapan program food estate ke depannya, sehingga bisa berjalan secara berkesinambungan.

"Ini sudah menjadi program pemerintah, lain hanya disisi budidaya saja. Setelah menanam, berproduksi, dan panen harus dipikirkan kelembagaan serta pemasaran ke depan," kata Peneliti Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian di Kementrian Pertanian, Endro Gunawan.

Menurut Endro, penting penyiapan SDM petani dan kelompok taninya, sehingga diadakan Bimtek ini untuk menyiapkan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) ke depan seperti apa.

"Ini masih progres dan tahun pertama dan 6 bulan jadi memang masih sangat awal," tuturnya.

Adapun materi yang disampaikan narasumber dalam bimtek ini mulai dari pembentukan korporasi atau BUMP, aset manajemen administrasi, dan rencana bisnis.

"Ini lebih ke kelembagaannya. Pemberi materi dari Bappeda, Distan Kapuas, BPPTP, dan Balai Besar Pertanian Binuang," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru