Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tingkatkan Pengawasan Cegah Korupsi

  • Oleh Hendri
  • 10 Desember 2020 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya berkomtimen meningkatkan pengawasan dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada peringatan Hari Anti Korupsi Internasional atau Hari Anti Korupsi sedunia setiap tanggal 9 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang masalah korupsi yang dapat merusak pembangunan sosial dan ekonomi.

Fairid mengatakan, sejauh ini, Kota Cantik masuk dalam zona hijau korupsi berdasarkan penilaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) yang diterbitkan oleh KPK RI.

"Palangka Raya berada di peringkat 2 se-Kalteng dengan skor akumulatif berada dikisaran 70-80 persen untuk tindak pencegahan korupsi," ungkap Fairid,  Kamis 10 Desember 2020.

Dari triwulan pertama, kedua dan ketiga pihaknya juga terus melakukan monitoring terhadap kinerja pemerintahan dan selalu berkoordinasi bersama KPK sebagai leading sector.

Adapun sejumlah sektor yang menjadi penilaian dalam MCP Korsupgah tersebut antara lain, optimalisasi pajak daerah, tata kelola dana desa/kelurahan, perencanaan dan penganggaran APBD, pelayanan terpadu satu pintu, APIP, manajemen ASN, manajemen aset daerah, hingga pengadaan barang dan jasa. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru