Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Kunjungan Tatap Muka di Lapas Kelas IIB Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 10 Desember 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Maura Teweh telah meniadakan kunjungan tatap muka bagi keluarga penghuni lapas.

Hal ini kata Kepala Lapas Kelas IIB Muara Teweh, Sarwito, dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di wilayah lapas, sehingga kunjungan tatap muka ditiadakan untuk sementara waktu.

“Ini telah dilakukan pada Maret 2020 berdasarkan kebijakan dari Direktorat Jenderal Kementerian hukum dan HAM,”’ jelasnya, Kamis 10 Desember 2020.

Namun pihaknya memperbolehkan bagi keluarga penghuni lapas untuk menitipkan makanan atau lainnya kepada petugas.

“Jadi bagi keluarga penghuni lapas dapat menitipkan makanan atau lainnya kepada petugas untuk nantinya diserahkan kepada narapidana atau tahanan yang bersangkutan,” katanya.

Sebelum diberikan kepada penghuni yang bersangkutan, seluruh titipan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas lapas, sehingga bawaan atau titipan tersebut tidak ada barang-barang yang mencurigakan atau tidak diperbolehkan ada.

Sebagai solusi, pihaknya telah menyediakan fasilitas kunjungan melalui media online berupa video call di fasilitas komputer di Lapas kelas IIB Muara Teweh.

Ada 6 komputer yang dapat digunakan setiap hari, namun secara bergiliran untuk narapidana dan tahanan.

Bila keluarga tahanan atau narapidana tidak memiliki sarana video call, maka dapat dilakukan hubungan secara telepon. “Kami juga telah menyediakan bilik untuk telpon biasa,” terangnya.

Sarwito menambahkan untuk sidang juga dilakukan secara online, namun tahanan atau narapidana masih berada di Lapas Kelas II B Muara Teweh, sedangkan sidang tetap berjalan.

Warga binaan dan petugas juga diberikan multi vitamin dan pemeriksaan secara rutin dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di lokasi Lapas. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru