Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Al Kamal Sampit jadi Percontohan Transaksi Online

  • Oleh ANTARA
  • 10 Desember 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit  - Pasar Al Kamal Sampit di Jalan Hasan Mansyur Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terpilih menjadi salah satu pasar tradisional unggulan di Indonesia dan difasilitasi transaksi online.

"Pasar Al Kamal menjadi pasar percontohan transaksi online.  Kami berterima kasih difasilitasi transaksi online sehingga semakin memudahkan masyarakat berbelanja di pasar kami meski dari rumah," kata pengelola sekaligus pemilik Pasar Al Kamal, Supriyadi Ellyyas di Sampit, Kamis.

Pasar Al Kamal beroperasi sejak 3 Mei 2019. Pasar yang berdampingan dengan Masjid Al Kamal ini banyak dikunjungi pembeli karena tempatnya dinilai lebih representatif.

Supriyadi atau akrab disapa Yadi menyebutkan, saat ini ada 258 pedagang berjualan di pasar tersebut. Mereka terbagi pada kelompok pedagang yang menempati lapak dan toko.

Protokol kesehatan dijalankan secara ketat di pasar ini. Setiap pagi dan malam seusai beroperasi, pasar langsung disemprot desinfektan. Pengelola pasar menyediakan tempat cuci tangan serta mewajibkan pedagang dan pembeli menggunakan masker.


Yadi berharap pemberlakuan sistem online bisa membuat transaksi semakin meningkat sehingga membawa keuntungan bagi pedagang. Selain itu muncul lapangan kerja baru yaitu kurir yang akan mengantar barang belanja ke rumah pembeli.

"Sistem online ini juga bisa membantu masyarakat yang takut ke luar rumah di masa pandemi COVID-19. Belanja via online bisa mengurangi potensi penularan COVID-19. Kami bersyukur selama ini daya beli masyarakat tetap tinggi karena kami memang menerapkan protokol kesehatan," ujar Yadi.

Kamis pagi, telah diluncurkan program Web Pasar yang difasilitasi BRI. Acara dipimpin Presiden Joko Widodo itu juga diikuti oleh peserta di daerah melalui konferensi video, salah satunya Pasar Al Kamal Sampit.

Asisten Manager BRI Cabang Sampit, Komarudin menyebutkan, dari sekitar 47.000 pasar tradisional di negara ini, Pasar Al Kamal termasuk dalam 383 pasar tradisional unggulan.

Pertimbangannya karena lokasi pasar ini strategis di tengah-tengah, kebersihan dan keamanannya terjaga. Hal terpenting, pengelola Pasar Al Kamal dinilai konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan.

Berita Terbaru