Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Staf Gedung Putih Desak Kepala BPOM AS Setujui Vaksin Corona atau Mundur

  • Oleh Teras.id
  • 12 Desember 2020 - 13:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows mendesak kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA), Stephen Hahn, untuk mengizinkan vaksin corona Pfizer pada Jumat atau mengundurkan diri jika tidak, kata seorang pejabat senior pemerintahan Donald Trump pada Jumat.

Tekanan ini disampaikan Meadows kepada Hahn selama percakapan telepon pada Jumat. Dikutip dari Reuters, 12 Desember 2020, pejabat tersebut mengatakan bahwa komentar Meadows tentang pengunduran diri "bukanlah garis merah" pokok pembicaraan, tetapi lebih merupakan sindiran dengan maksud mendesak FDA untuk bertindak cepat dan menyelesaikan pekerjaan dan berhenti menunda.

Dikutip dari CNN, sumber lain yang mengetahui masalah tersebut, yang juga mengkonfirmasi permintaan agar vaksin itu disahkan pada akhir Jumat, mengatakan Presiden Donald Trump telah mendesak kepala FDA sejak vaksin itu diluncurkan di Inggris awal pekan ini.

Gedung Putih menolak berkomentar, meskipun seorang pejabat pemerintahan mengatakan Meadows meminta pembaruan rutin tentang kemajuan vaksin.

Hahn segera membantah isi percakapan tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post.

Pengawas apotek Kevin Weissman menggunakan sarung tangan khusus saat akan mengeluarkan vaksin Covid-19 Pfizer dari freezer di LAC USC Medical Center di Los Angeles, California, AS, 10 Desember, 2020. REUTERS/Mike Blake

Penasihat vaksin untuk FDA pada Kamis memberikan suara untuk merekomendasikan badan tersebut memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin, dan diharapkan akan disahkan dalam waktu dekat, CNN melaporkan.

FDA mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya sedang bekerja dengan cepat untuk mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Covid-19 Pfizer Inc, dengan lampu hijau datang mungkin segera setelah Jumat malam, menurut New York Times.

Pemberian vaksin secara cepat diharapkan secara luas setelah panel penasihat ahli FDA pada Kamis mendukung penggunaan daruratnya untuk membantu membendung pandemi yang telah menewaskan lebih dari 285.000 orang di Amerika Serikat.

Keputusan itu akan membuat warga Amerika Serikat untuk pertama kalinya diimunisasi di luar uji klinis, secepatnya pada Senin atau Selasa, dan petugas kesehatan diharapkan akan menjadi kelompok pertama yang menerima vaksin Covid-19 tersebut.

TERAS.ID

Sumber:

https://uk.reuters.com/article/uk-health-coronavirus-meadows/trump-aide-meadows-urges-fdas-hahn-to-approve-vaccine-by-friday-idUKKBN28L2NX

https://edition.cnn.com/2020/12/11/politics/white-house-fda-chief-approve-covid-vaccine-resign/index.html

https://uk.reuters.com/article/uk-health-coronavirus-vaccines-fda/u-s-fda-set-to-authorize-pfizer-covid-19-vaccine-idUKKBN28L2GO

Berita Terbaru