Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Karet dan Rotan Selama ini Diabaikan

  • Oleh Naco
  • 12 Desember 2020 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur,, Syahbana mendorong agar adanya program pemberdayaan kebun rotan dan karet milik masyarakat. 

Sebab, kata dia selama ini sektor itu cenderung terabaikan dari perhatian untuk hal pemberdayaannya, padahal sektor itu selama ini jadi andalan masyarakat.

"Memang kedepannya bagaimana pola pemberdayaan terhadap petani karet dan rotan ini dilakukan. Karena selama ini bisa dikatakan luput dari perhatian sehingga kita perlu melakukan terobosan agar bagaimana caranya rotan dan karet ini tetap jadi komoditas unggulan yang diberdayakan," kata Syahbana, Sabtu, 12 Desember 2020.

Menurutnya, kebun rotan dan karet bisa saja terancam hilang seiring investasi dari sektor usaha perkebunan besar swasta. 

Selama ini kelapa sawit menjadi primadona yang digemari lantaran harga karet dan rotan itu memang jauh dari harapan petani.

"Jangan sampai kebun rotan dan karet kita hanya tinggal kenangan karena harga murah dan petani menggantinya dengan tanaman kelapa sawit," ucap Syahbana.

Ia berkeyakinan bahwa rotan dan karet punya masa depan yang bagus dan cerah. Apalagi program infrastruktur aspal karet itu sudah mulai dilaksanakan.

"Maka dari itu kedepan agar petani karet dan rotan ini diberdayakan, jangan buat harapan mereka pupus," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru