Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur Pantau Aliran Sungai di Sekitar Wilayah Kerja Perusahaan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Desember 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Barito Timur melakukan kegiatan rutin saat musim hujan, yakni memantau dan mengawasi semua aliran sungai di daerah setempat.

"DLH bukan hanya yang berhubungan dengan sampah dan kebersihan jalan saja, akan tetapi juga mempunyai peranan penting dalam melakukan pemantauan dan pengawasan ekstra pada kegiatan perusahaan, baik perkebunan sawit maupun pertambangan," kata Kepala DLH Barito Timur, Lurikto, Kamis, 17 Desember 2020.

Menurutnya, pengawasan lingkungan hidup merupakan kegiatan rutin yang dilakukan seuai jadwal oleh bidang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Tujuannya, melindungi sungai-sungai yang menjadi sumber penghidupan maupun irigasi persawahan bagi petani.

Sasaran dari kegiatan pemantauan dan pengawasan yakni untuk mendapatkan data dan informasi berupa fakta-fakta di lapangan terkait kinerja dan ketaatan kegiatan perusahaan, terhadap peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup, serta mengetahui sejauh mana upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang dilakukan.

"Sekarang mulai masuk musim hujan sehingga pemantauan dan pengawasan lingkungan lebih ditingkatkan. Ada beberapa titik yang akan kami pantau seperti Sungai Ampari, Sungai Awang, Sungai Patangkep, Sungai Paku, Sungai Sirau dan Sungai Karau," ujarnya.

Sungai-sungai tersebut, lanjut Lurikto, merupakan sumber bahan baku Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM dan juga untuk kebutuhan budidaya pertanian dan perikanan.

"Karena itu, kami mengingatkan perusahaan yang beroperasi di sekitar aliran sungai agar menjaga baku mutu air dengan pengelolaan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku," tegasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru