Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat PCR Baru di RSUD dr Murjani Sampit Sudah Mulai Berfungsi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Desember 2020 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebagai upaya percepatan pemeriksaan pasien diduga Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan pengadaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Alhamdulilah alat PCR yang baru sudah datang, dan sudah difungsikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit," ujar Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim Multazam, Sabtu, 19 Desember 2020.

Pengadaan alat PCR yang baru tersebut membuat RSUD dr Murjani Sampit kini memiliki 2 buah. Karena sebelumnya telah mendapatkan PCR dari bantuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada saat kunjungan ke Kalteng beberapa waktu lalu.

Meskipun sudah ada alat yang baru. Namun pihak petugas kesehatan tidak mau memaksakan proses uji swab dalam jumlah yang besar. Karena mereka menjaga, agar tidak ada kerusakan terhadap mesin tersebut.

"Kinerja alat dibatasi, karena kemaren alat bantuan presiden sempat rusak. Sehingga, mesin diistirahatkan jika sudah dua kali melakukan uji sample. Setelah itu baru dilanjutkan kembali," katanya.

Sementara dalam setiap alat itu dijalankan maksimal bisa melakukan running sebanyak 96 sample. Sedangkan alat PC PCR bantuan presiden sebelumnya hanya sekitar 60 sample saja.

Pengadaan alat PCR baru dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk berupaya melakukan tracing, testing, dan treatment (3T), sehingga upaya pengendalian kasus Covid-19 bisa teratasi. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru