Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Struktur Jantung Bayi Kembar Siam Normal, Letaknya Agak ke Kanan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Desember 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan pengecekan awal oleh dr Mahrus A Rahman,  spesialis anak anggota Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD dr. Soetomo Surabaya, struktur jantung bayi kembar siam Muhammad Ibrahim dan Muhammad Abdullah dinyatakan normal. Bayi kembar siam tersebut yang lahir di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun pada 4 Januari 2020.

Dalam konferensi pers usai pengecekan kondisi bayi di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu, 23 Desember 2020 sekitar pukul 16.30 WIB, hanya letak jantung masing-masing bayi saja yang agak berbeda dari manusia normal.

"Masing-masing bayi memiliki jantung, namun letaknya agak ke kanan. Sedangkan posisi normal biasanya berada di sebelah kiri," jelas Mahrus A Rahman.

Dia juga menjelaskan, masalah jantung jadi perhatian utama untuk menentukan bisa atau tidaknya dilakukan operasi pemisahan.

"Walau letaknya agak ke kanan, namun struktur, detak, dan rongga jantung berdasarkan pantauan tergolong normal. Apabila ada gangguan pada jantung, saat didengarkan detaknya pasti akan berbunyi lebih keras. Kulit bayi juga berwarna agak kebiruan," jelas Mahrus A Rahman.

Kemudian, saat dilakukan pemeriksaan kondisi bayi juga aktif dan sehat.

"Tadi saat diperiksa menggunakan USG bayi kembar siam tersebut terlihat aktif, meronta-ronta. Bahkan untuk melakukan pemeriksaan tersebut, diputuskan untuk diberikan obat penenang," jelas Mahrus A Rahman. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru