Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap Desa Harus Ada Program Bangun Kebun di Kotim

  • Oleh Naco
  • 28 Desember 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Khozaini mendorong agar pemerintah kabupaten mencanangkan program pembangunan kebun bagi setiap desa.

Kebun itu bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes). Dengan begitu desa juga memiliki sumber pendapatan aslinya untuk menuju desa yang mandiri ke depannya.

"Kita berharap hendaknya setiap desa punya kebun. Apakah itu kebun karet, rotan atau sawit karena saya melihat potensi itu akan jadi sumber pendapatan desa dan sangat bagus untuk kedepannya," kata Khozaini, Senin, 28 Desember 2020.

Dia mengatakan paling tidak setiap desa itu punya kebun luasan 10 hektare. Maka hingga usia 25 tahun kedepan akan jadi sumber pendapatan yang stabil. 

Memang jika melihat dari fluktuasi harga sawit atau karet dan rotan masih belum menggiurkan. Tapi proyeksi kedepannya komoditas itu akan jadi andalan pendapatan.

"Seandainya di setiap desa itu ada memiliki kebun sendiri maka akan lebih mandiri dan desa bisa membangun secara maksimal. Sayangnya ketika zaman investasi perkebunan saat booming lalu pihak desa enggan membangun sendiri kebunnya," tukasnya.

Untuk dana desa itu perlu ada sumber pendapatan aslinya, jangan hanya bergantung dari sektor kucuran dari kabupaten atau pusat saja. (NACO/B-6)

Berita Terbaru