Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPT KPHP Katingan Hulu Kembangkan Budidaya Lebah Madu Kelulut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Desember 2020 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Unit Pelaksana Tugas atau UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi atau KPHP XVII Katingan Hulu Kabupaten Katingan sejauh ini telah mengembangkan budidaya lebah madu kelulut. 

Menurut Kepala UPT KPHP wilayah XVII Katingan Hulu, Kristianto,  Rabu,  30 Desember 2020, budidaya lebah kelulut ini dimulai sejak 2019.

"Awalnya kami hanya memiliki 40 kotak koloni lebah kelulut ini dari hasil urunan  karyawan membeli kepada masyarakat yang didapat dari alam, " ujarnya. 

Namun kemudian Kantor UPT KPHP wilayah XVII Katingan Hulu yang semula berada di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah pindah ke Bukit Batu Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir.

"Sekarang jumlah kotak lebah madu kelulut milik UPT KPHP wilayah XVII Katingan Hulu hingga bulan Desember 2020 semuanya lebih dari 224 buah,  selain di sini juga ada di Jalan Damai Kasongan," jelasnya. 

Selain mengembangkan lingkup UPT KPHP wilayah XVII, pihaknya kata Kristianto juga telah memberikan pelatihan kepada puluhan kelompok tani lebah madu kelulut ini,  baik di Tumbang Samba,  Pendahara maupun Kasongan. 

Pelatihan atau sosialisasi tentang budidaya lebah madu kelulut ini dilakukan dalam berbagai kegiatan dan salah satunya saat sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. 

Kristianto mengaku bangga dengan karena program pihaknya dapat ditiru secara mandiri oleh masyarakat.

"Kami juga telah melaporkan kepada Bupati Katingan dan Ketua DPRD dan dukungan dari Pemda cukup besar," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru